AM 80 METER BAND


AM 80 METER BAND

Pemancar am katanya sudah mulai ditinggalkan reken -rekan yang punya hobby “ngebrik” di frekuensi HF utamanya di 80M band banyak yang beralih ke SSB. Tapi kenyataannya AM 80 meter masih banyak yang menggunakan bahkan akhir akhir ini ramai sekali terutaman pada jam –jam propogasi membuka, sebab pancaran Hf sangat tergantumg
pada propogasi tidak seperti VHF.
Ini adalah skema AM pada frekuensi 3.5Mhz/80 meter band, skema ini sudah dicoba hasilnya bagus, mudah cara merangkainya, hampir tidak terjadi self osilasi, sehingga mudah dalam pengetrimannya. Kami memilih jenis transistor yang memang untuk frekuensi hf utamanya 3.5Mhz memang agak sedikit mahal. Power RF pada skema ini kira-kira 20W.
Jika rekan-rekan kesulitan dengan Oscilatornya bisa diganti dengan oscillator PLL 3.5Mhz dengan IC TC 9122. Atau bila punya HT ICOM IC 2N anda bias mengambil out put frekuensi PLL dari IC TC 9122 PIN no 2 [frekuensinya 100Khz sampai 4.99Mhz dengan step 5Khz] dan untuk zero beat anda pasang dioda faraktor pada masing-masing kaki kristal 5.120Mhz ke ground. Ceramic 30pf dilepas.
Modulator bisa gunakan apasaja yang penting dayanya sekitar 30 watt.

1 comment:

  1. wah ini sangat membantu kita yg msh pemula
    tolong dong skemanya kirim ke kita. tks

    ReplyDelete

BAMBANG SUTAMAN